HS pada anak usia dini

🔹🔹Notulen Kulwap : Homeschooling pada Anak Usia Dini (AUD)🔹🔹

Narasumber: Dessy
Tema: HS anak usia dini
Momod: sekar & nariez
Notulen: Yunita

🎯Homeschooling pada AUD adalah pendidikan di rumah yang dilakukan oleh orang tua (sebagai praktisi HS) pada anak mulai usia bayi sampai dengan 6 tahun (sebelum usia SD)

🎯HS pada AUD mempunyai cirikhasnya sendiri.
➡Pola Asuh harus positif.
AUD berada dalam masa optimalisasi seluruh aspek untuk tumbuh kembangnya. Mereka tidak hanya membutuhkan gizi untuk fisiknya. Tapi juga gizi untuk otak dan jiwanya.

➡HS pada AUD tidak dilakukan dalam bentuk kegiatan belajar (materi pelajaran khusus), akan tetapi terintegrasi dalam aktifitas hariannya.

➡ ciri utama anak usia dini adalah selalu bergerak dan selalu mau tahu. Puaskan itu.

➡AUD berada dalam tahap 'pra opersional konkrit', sehingga :
Belajar dilakukan sambil bermain dan kontekstual.
Belajar dilakukan dalam tahap pengenalan (identifikasi) awal.
Belajar dilakukan dari obyek yg terdekat dengan anak.

➡AUD sedang berada dalam tahapan 'imitasi' (mencontoh/menirukan) sehingga pembelajaran yang terbaik adalah dengan memberikan keteladanan.

🎯HS pada anak Usia terfokus pada 2 target. 
➡ Target Pembentukan Karakter, yaitu meliputi aspek perkembangan afektif, sosial-emosi dan kemandirian.
Stimulasi yang bisa diberikan adalah :
- melakukan kebiasaan baik secara terus menerus sehingga menjadi habbit.

- menanamkan karakter melalui contoh & kisah keteladanan tokoh2 muslim (Rasulullah dan para sahabat). Adab, aqidah & akhlak islami harus menjadi pondasi utama dalam pembentukan karakter anak muslim.

- melatih kemandirian dan mengembangkan kemampuan sosial-emosi anak untuk siap menghadapi tahap perkembangan selanjutnya (usia SD)

➡ Target Perkembangan Dasar
- Kognitif
- Bahasa (bahasa ibu adalah stimulasi pertama yang utama)
- fisik motorik
- seni kreatifitas.

🎯 Stimulasi perkembangan Pada HS AUD bisa mengacu pada program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Orang tua bisa mempelajari target-target dan evaluasi perkembagan anak melalui kurikulum PAUD atau Menu pembelajaran Untuk AUD.

🎯Contoh kegiatan untuk melakukan stimulasi atau pembelajaran bisa 'searching' di Internet. Ada banyak sekali variasi aktifitas untuk AUD.

🎯Membuat Jadwal rutin harian. Hanya sebagai panduan bagi orang tua. 
Karena HS pada anak usia dini lebih kepada unschooling (tak terstruktur). Pembelajaran lebih mengikuti pada minat dan ketertarikan anak.

🌿🌾🌿🌾🌿🌾🌿🌾🌿🌾

Sesi Pertanyaan:

🎯1. bunda ayu: 
sy mau nanya perihal habbits..usia 4-5thn jika tdk diingatkan mreka akan lupa. Berarti blm jd habits ya walo tiap hari dilakukan?misal spt sikat gigi tiap mlm?gmn carana agar anak seusia mereka melakukan aktivitas tsb krn "kesadaran"? Apa mmg blm waktunya ya?syukron mba

Jawab: 
usia dini memang masanya kita untuk membangun habbits pada anak.
Jadi bangunannya belum selesai, belum kokoh. Masih dalam tahap-tahap pondasi awal. 
Untuk mengingatkan ada banyak cara-cara kreatif. Seperti membuat lembar Daily Chekslist.
Ada banyak contoh kreatifitas daily routin lainnya yg bisa bunda cari di internet.
Sehingga anak akan selalu bersemangat mengisinya. 
Tugas kita sebagai orang tua, jangan lelah mengingatkan. Belum masuk pada tahap 'sadar sendiri' memang bund..

🎯2. bunda anita: 
Anak saya usia 2 tahun. Untuk kebiasaan yang baik sudah saya coba contohkan. Ada yang diikuti dan ada yang tidak. Baik anjuran maupun larangan. Sejauh mana porsi homeschooling usia dini untuk anak saya? Saya saat ini terpisah jarak sampai 4 bulan kedepan jadi tidak bisa mengawasi langsung. Anak tinggal bersama eyangnya Terimakasih.

Jawab: 
kebiasaan baik yang akan dicontoh anak adalah yang membuat dia merasa nyaman, bahagia dan tidak dipaksa.
Lalu, kondisi harus kondusif, dalam artian semua orang dewasa disekitar anak (bukan hanya bunda), satu suara, satu sikap. Kalau hanya bunda saja, tentu dia akan pilih2. Anak memang masih dalam masa imitasi. Sementara kemampuan komunikasi anak usia 2 masih sangat terbatas. Jadi natural saja mba.. usia 2 tahun adah tahap awal anak belajar kemandirian, lepas ketergantuangan dr ibunya (ASI). Sebisa mungkin lebih banyak untuk nature walking (jalan ke tempat2 alami terbuka) disekitar rumah saja, mengamati lingkungan alami sekitarnya. Menambah perbendaharaan kata. Kalau bersama eyang, artinya bunda harus membangun komunikasi yang baik dengan eyang. Menyampaikan model pendidikan bagaimana yg bunda mau untuk anak-anak. Meminta tolong eyang untuk dapat mendukung dan berperan mengganti sementara bunda tak ada. Tapi.. sebagaimana kebanyakan eyang, mereka lebih sayang pada cucunya, harap dimaklumi. Akan ada muncul efek pengasuhan ganda kalau tak seiring sejalan (Semoga tidak). Porsi HS ada sepenuhnya. Krn HS adalah keseharian. Pengambil alihan pendidikan secara penuh ditangan orang tua. Pun pada AUD. Orang tua bisa mendelegasikan pendampingan anak selama ada tugas lain tentu saja. Tapi dengan pengawasan tetap dilakukan. Skrng banyak teknologi yang mendukung. Skype misalnya.

🎯3. bunda mala: 
Jika sebelumnya anak kita pernah mengalami masa sekolah, lalu menjalankan HS, apakah memungkinkan mengalami seperti 'social-shocked'? 
Mohon tips2 bagaimana membuat aturan main ttg game(gadet) untuk anak?

Jawab: 
Iya Bund, ada.. HSer yg pernah sekolah akan mengalami tahap Deschooling (masa peralihan dari sekolah ke HS)
Anak saya yg pertama dan kedua sempe
At TK 2 tahun. Saya juga guru selama 5 tahun kehidupan. Kami sekeluarga mengalami masa Deschooling.. galau, dan gak ngapa2in.. selama 1 tahun.. hehehe.. kerjaannya cuma rutinitas ibadah aja.. program mentah semua. Social shocked.. sempet juga.. dianggap aneh krn gak sekolah. Menjawab pertanyaan seputar 'kenapa HS' seperti kaset rusak. 
Tips untuk games atau Gadget AUD.. usia 0-3 tahun : Tidak Sama sekali.
3,1-5 tahun : Games edukasi. Sebisa mungkin hanya di laptop/komputer bukan gadget. Menghindari candu menyenangkan nge games bisa dimana-mana.
> 5 tahun. Hanya games edukasi.
Maksimalkan permainan tradisional atau stimulasi fisik-motorik outdoor pada anak AUD. Dan peran serta dalam pekerjaan Rumah tangga yang mereka bisa lakukan.

🎯4. Bunda Amel: 
Saya sempat berdiskusi dgn anak saya terkait sekolah. Saya menawarkan tahun ini sekolah PG. Tapi anak saya tidak mau, dia memilih ingin sekolah dirumah sama ibu. Akhirnya saya putuskan untuk HS saja. Kira2 apa aja tips dan trik agar suasana HS di rumah terasa menyenangkan dan disiplin dalam berHS terutama bagi saya dan suami?
Materi atau kegiatan apa saja yg membantu keterampilan dalam bersosialisasi anak yg menjalani HS? Karena lingkup bermainnya hanya di sekitar komplek dan rata2 semua anak di perumahan saya sudah bersekolah sejak PG.

Jawab: 
tips untuk HS pada AUD seperti sudah  pada pengantar yg saya berikan. Pelajari pola asuh positif pada AUD. Kegiatan utama anak2 usia dini adalah bermain. Jadilah teman bermain yang menyenangkan dan memberik keteladanan bagi AUD HS kita. Lakukan komunikasi interkasi dan 'puaskan rasa lapar' keingintahuan mereka terhadap hal-hal baru disekitarnya. Bangun kebiasaan membaca menyenangkan pada AUD.
Bergabunglah dengan komunitas2 HS terutama yang jg memilki AUD. Jangan sungkan untuk bertanya, belajar dan memberikan ide kegiatan.
Kalau belum ada yg dekat, jadilah pelopor. Sebagai mahkluk sosial kita akan lebih kuat dan semangat bila bersama orang-orang yang memiliki minat dan ketertarikan yang sama dengan kita.

🎯5. fitri bundanya alya (4.5 th):
saat ini alya menunjukan minat sosial yg lbh tinggi dr pada tahun2 sebelumnya.
bangun tidur sudah minta main, karna mendengar suara teman2nya pd main diluar, sementara saya maunya anak mandi dl, makan pagi lanjut hafalan. terus main. Saya slalu mencoba membujuknya. Alhamdulillah berhasil namun hrs banyak variasi ngebujukinnya.
yg kedua. Alya minta sekolah, sementara saya ingin menyelesaikan adab dan hafalannya.
bagaimana baiknya ya bu? mohon sarannya.

Jawab: 
Sebelum kami kenal HS pun satu hal yg saya dan suami tanamkan : Rumah adalah tempat yg paling nyaman, aman dan menyenangkan untuk setiap anggota keluarganya. Kami mendesain rumah kami ramah anak. Kebetulan memang belum berperabot, jadi rumah kami minimalis dari perabotan. Buku dan mainan edukasi mendominasi. Di rumah mereka bisa ngapain aja (dalam hal positif ya), bisa berkreasi apa saja. Di rumah kami tak ada aturan, yg ada adalah saling menyayangi, memaafkan, membantu dan berempati pada sesama anggota keluarga yg ada di rumah. Itu sempat jadi kekhawatiran saat anak pertama kami agak susah sekolah dan menolak masuk SD, kami merasa jangan2 dia terlalu nyaman di rumah. Waktu itu masih sekolah tujuan kami. Anak kedua, seperti anaknya mba Fitri.. masa ketika teman2 di rumah semua sekolah SD. Kami sekolahin, daftar SD. Eeh.. baru 3 bulan dia minta kembali ke rumah, "mau HS lagi aja deh aku". Anak2 mengenali mana yang membuat dia lebih merasa 'hidup' dan bisa mengembangkan kreatifitasnya. Soal aturan mandi, sama seperti pertanyaan di awal tadi. Buat daily routin. Lalu kuatkan dengan pemahaman, apa penting mandi. Lalu cari kisah, misalnya tentang putri yang malas mandi. saya gak mewajibkan anak-anak mandi pagi. Yg wajib adalah berwudhu, sikat gigi dan ganti baju (daleman). Mandinya boleh setelah olah raga (main sepeda/sepatu roda diluar)

🎯6. ummi aan: 
saya punya 4org anak, yg dua sekolah di sekolah dasar islam dan yg satu lagi di tk islam..sementara ini saya blm siap meng- full HS anak2 dirumah..bisakah saya kombine metode HS ini saat mereka dirumah bersama saya? Apa akan rancu nantinya ke anak2? Menurut saya sih.. memag sudah seharusnya meskipun anak2 sekolah di rumah tetap dilanjutkan pendidikannya. Dengan model yg didesain oleh ortu.

Jawab: 
Ummi Aan.. bisa Umm, istilah HS after-school.. Seringnya banyak ortu yang konsultasi, meskipun bukan dengan isitlah menerapkan HS setelah sekolah, ya mereka merasa rancu. Krn di sekolah itu anak tidak hanya bertemu aturan & guru, tetapi jg teman2 yang membawa nilai2 dari masing2 rumahnya. Jadi, harus proaktif bertanya tentang apa yang dialami dan dirasakan oleh anak disekolah hari itu. Fungsi rumah bagi anak-anak yang bersekolah adalah tempat curhat dan memperoleh solusi (tentang bagaimana bersikap) terhadap masalah2 (sosialisasi) di sekolah. Dan juga menyederhanakan kesulitan materi di sekolah. Orang tua yang anak2nya sekolah justru perlu memberikan suport lebih besar lagi. Anak2 HS tidak dipaksa menghadapi dunia luar saat usianya belum matang. Mereka keluar dr rumah saat sudah siap. Untuk materi : bisa membuat kegiatan fun science / math sesuai dengan materi di sekolah. 
Kunjungan museum atau tempat lainnya jg bisa disesuaikan dgn materi sekolah.

#KESIMPULAN & PENUTUP#

HS pada AUD bukan tentang seberapa banyak kita bisa memberikan materi pelajaran pada mereka. HS pada AUD adalah tentang bagaimana kita membantu mereka untuk bisa mengenali dirinya sendiri dengan baik. Bagaimana mereka bisa memahami aturan2 yang berlaku. Tentang bagaimana mereka memulai fase kehidupan sebagai mahkluk sosial.
Sehingga adab, aqidah dan akhlak adalah perbekalan yang harus kita berikan.
Kembangkan terus metode pembelajaran yang tepat sesuai usia anak. Stimulasi bukanlah melulu tentang hasil, tapi proses. 
Bersabarlah bunda.. jangan pernah lelah. Akan ada waktunya kita melihat hasil dari proses yang sepertinya panjang ini.
HS juga menuntut kesiapan, konsistensi dan komitmen ayah bunda. Tak akan banyak lagi waktu luang bagi praktisi HS Anak Usia Dini. Kemana-mana kita akan bawa balita. Jalani dengan bahagia. Nikmati sebagai berkah melekatkan hati dengan anak. Tak terasa ternyata ini akan cepat berlalu. Dan InsyaAllah kita akan mendapati anak-anak yang mandiri dan punya kepribadian yang kokoh. Aamiin.
Memilih HS artinya kita siap menjadi orangtua pembelajar. Terus belajar.. belajar dan belajar.  menjadi orangtua. 
Baik bunda.. mohon maaf kalau hanya bisa singkat, semoga bermanfaat.
Untuk bbrp materi bunda bisa berkunjung ke www.dessyrilia.com
Sementara memang masih dalam proses perpindahan dari blog yang lama. 
InsyaAllah untuk kurikulum(menu pembelajaran anak usia dini ) bisa download disana. Akhirul kalam, saya mohon maaf bila ada kata yang salah. Sama-sama masih belajar. Bedanya saya belajar duluan, krn umurnya sudah duluan. 
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🔅🔆🔅🔆hsmn🔆🔅🔆🔅
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
👥facebook.com/hsmuslimnusantara
👥FB: HSMuslimNusantara pusat
📷 instagram: @hsmuslimnusantara
🐤 twitter: @hs_muslim_n
🌐 web: hsmuslimnusantara.org

🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹

⛺⛺⛺⛺⛺⛺⛺⛺⛺⛺⛺

❗❗Save the date ❗❗
KeMisTri, Kemah Keluarga Muslim Nyantri, 25-27 Maret 2016, Gunung Pancar, Sentul Jawa Barat

💕KeMisTri... Selalu Di Hati...💕

Komentar

Postingan Populer