Resume Diskusi Tema: Seputar HS dan Tallent Mapping Pemateri: Cikgu Adrian

Resume Diskusi HSMN Tangerang

📜 Hari dan tanggal :10-2-2016 s/d 11-02-2016
⏰ Pukul: Ba'da magrib-21.00 WIB
👸 Pemateri: Cikgu Adrian
🌠 Tema: Seputar HS dan Tallent Mapping
🎤 Moderator: Afni
📝 Notulen: Anti Yunita

🍄🍄🍄🍄🍄🍄🍄

Profil cikgu adrian :

Nama : Adrian , kawan-kawan saya memanggil saya Cikgu.
Pendidikan : Fisika ITB (setahun) , lalu pindah ke Teknik Gas & Petrokimia (T. Kimia) UI
Kegiatan :
1. Konsultan Pendidikan, khususnya Pelatihan Guru dan Strategi Belajar
2. Konsultan HS
3. Trainer Talents Mapping (TM)
4. Pengajar Matematika
5. Koord Pokja Talents Mapping di JSAN
6. PJ Superintensif Camp, Program dari Yayaan Malibu untuk Persiapan Masuk PTN
7. PJ Juara Intensif Camp, Program dari Rumah Zakat untuk Persiapan Masuk PTN

Nama Istri : Sulistyowati dan berputra 3 orang yg ketiganya HS. Sekarang anak 1 kuliah di FEUI, anak kedua di FISIP Unsoed dan anak  ketiga HS level kelas 7 SMP

🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺🌺
Pengantar

Konsep TM yg merupakan 'turunan' dari ilmu Psikologi Positif,  yg awalnya dikembangkan oleh  Gallup Organization USA,  dengan meniliti 2 juta responden,  sehingga diperoleh data-data ttg tema bakat yg ribuan banyaknya. Lalu oleh Donald Clifton,  dikelompokkan menjadi 34 tema bakat. Di Indonesia Ir.Rama Royani (Abah Rama) alumni ITB angkatan 1964 yg sudah lebih dari 30 tahun menggeluti dunia kerja dan terutama HRD, berinisiatif menterjemahkan teori dan penelitian tersebut dengan membuatkan 'tools' untuk mengetahui TM seseorang,  yg bahkan sekarang didunia kerja digunakan untuk job analysis,  strenght based human resources management dsb

Talents Mapping digunakan untuk mengidentifikasi potensi kekuatan individu dengan didasari pada penemuan bakat. Penggabungannya dengan skill dan pengetahuan banyak dibutuhkan dalam dunia kerja dan dapat mengidentifikasi dari mana dan bagaimana profil bakat yang dibutuhkan. ProgramTalents Mapping mencakup Pengukuran dan Pernyataan Kekuatan Diri (Personal Strengths Statement).

Paradigma Nature meyakini bahwa bakat terbentuk sejak 60 hari sebelum manusia dilahirkan sampai dengan 16 tahun, dan sulit untuk berubah. Diketahui bahwa setiap manusia dipastikan memiliki bakat atau karakter yang berbeda-beda. Oleh karena itu, daripada membuang-buang waktu dengan memberikan pelatihan yang ditujukan untuk memperbaiki kelemahan, akan lebih baik bila kita berfokus pada pengembangan KEKUATAN untuk mendapakan hasil terbaik dan mensiasati KELEMAHAN yang ada.

MANFAAT

Beberapa keuntungan yang didapat dengan menggunakan assesmen talents mapping
A. Bagi organisasi, antara lain :
1. Memotivasi karyawan dalam mengembangkan kekuatannya.
2. Snapshot kelompok atau organisasi.
3. Meningkatkan kerjasama kelompok (Team Building).
4. Profil karyawan dan pemetaan potensi karyawan.
5. Seleksi, mutasi atau posisitioning karyawan yang disesuai dengan kebutuhan dan karakteristik jabatan.
6. Pemberdayaan karyawan yang akan memasuki usia pensiun.
7. Menjadi bahan utama untuk Performance Management System.

B. Bagi Individu dan pasangan
1. Mengenal lebih jauh bakat diri sendiri
2. Mengenal bakat dan potensi pasangan (istri/suami) sehingga bisa membantu terbentuknya hubungan yg harmonis
3. Membantu anak menemukan bakatnya dsb

🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼🌼

Tanya-jawab
▪Pertanyaan 1
Bunda Ratih

Kalo mau tallent mapping lgs sm cikgu nunggu anak brp thn ya?
Trus kira2 berapa lama??✅

Jawaban:
Bunda Ratih,  rata-rata pada anak-anak kebanyakan,  tes-tes psikologi sebagaimana juga assesment TM, baru 'nyambung' saat usia 15-16 tahun, itu dengan asumsi anak-anak sekolah normal, disekolah berinterkasi/bergaul dengan teman-temannya dan guru,  dirumah juga berinteraksi dengan tetangga.
Namun untuk anak yg kurang bergaul dan jadi anak rumahan apalagi anak 'kamar-an' karena berteman laptop atau gadget,  maka sudah ditemukan kasus beberapa di usia 20-an pun gak akurat hasil asesment TM-nya.
Sebaliknya anak yg banyak mendapat kesempatan luas untuk banyak tahu,  banyak mencoba dan banyak interaksi, terbukti pula beberapa ditemui akurat saat diasesment diusia lebih muda yakni 9-10 tahun. ✅

▪Pertanyaan 2
Bu anti

Bagaimana cara sederhana menemukan bakat anak dan mulai usia brpa bakat itu bisa ditemukan*masih belum paham konsep talent mapping😁✅

Jawaban:
Bu Anti, tugas ortu adalah membantu anak menemukan bakatnya. Nah,  berilah anak kesempatan seluas-luasnya. Tempo hari saya berikan istilah "3 BANYAK", yakni BANYAK interaksi,  dengan BANYAK orang,  dalam BANYAK ragam kegiatan/aktifitas.

Jadi bantulah dan motivasilah anak-anak agar mereka berinteraksi tidak hanya demgan teman sebaya, namun juga kepada yg lebih muda agar ia belajar bahasa kasih sayang,  belajar melindungi,  ngemong,  memimpin,  pun juga bergaul dengan yg lebih tua yg disana ia belajar menghormati,  memilih diksi,  menimba pengalaman dsb.

Bantu pula anak untuk berinteraksi dan mengetahui berbagai profesi. Lalu mencoba hal ia ketahui. Bahasa gaulnya,  anak jangan cupu,  kuper,  kudet dan satu lagi jangan mager (malas gerak) , maka pembelajaran harus ada bentuk fisiknya,  biasa outing atau outdoor activity. ✅

▪Pertanyaan 3
Bu dewi

Assalamualaikum Cikgu...
Bagaimana cara mempertahankan yg menurut kita itu adalah TM anak kita. Sedangkan anak cenderung cita2nya berubah2✅

Jawaban:
Bu Dewi,  sampai usia 16 tahun memang bakat kadang belum pas ketemu,  namun mulai usia tsb,  maka bakat insya Allah tetap,  yg berubah-ubah adalah minat. Karena bakat memang dari Allah swt sudah diberikan,  makanya tugas ortu membantu anak menemukan bakat tsb.

Bakat anak sebelum di asesment TM, bisa saja diidentifikasi awal, caranya dengan 4E indikator.

Apa i4E tu?
2E pertama untuk mengidentifikasi bakat anak adalah,
1. Enjoy
2. Easy
artinya apakah anak kita asyik,  happy dan gampang saja melakukan sesuatu yg ia lakukan,  jika jawabnya YA,  maka fasilitasilah anak kita tsb,  apakah dengan memanggil guru,  coach,  mengikutkannya pada kursus,  mendaftarkan ke klub, maka lihatlah E yg ketiga yaitu
3. Excellent, 
jika ternyata hasil makin keren dari sebelumnya,  bahkan makin terasah makin keren, maka seharusnya bisa memberikan E yg keempat,  yaitu
4. Earn,
artinya memberi manfaat bahkan pada satu titik bisa menghasilkan.

▪Pertanyaan 4
Bunda Faris Farhan

Bagaimana aplikasi secara realnya ttg tes trsbut,atw ada lembaga yg khusus menangani nya? Ini terkait ttg pola asuh buah hati ya bund ns secra umum utk sebuah kluarga mgkn. Apa yg membedakan dg tes2 psikologi lainnya ya?✅

Jawaban:
Bunda Faris Farhan,  lembaga yg mengolah hasilnya di Indonesia adalah Leadpro,  milik Ir. H. Rama Royani (Abah Rama) , kebetulan kami adalah trainer dibawah bimbingan beliau. Asesement ini memberikan hasil antara lain : URUTAN BAKAT,  PETA BAKAT,  POTENSI YG PERLU DIKEMBANGKAN,  STRENGHT CLUSTER MAP dan PERSONAL BRANDING. 
Untuk membuka mindset bisa ibu coba ke tester-nya yakni asesment Stenght Typologi (ST30), sila buka web : temubakat.com , merupakan asesement sederhana untuk mengetahui Strenght berdasarkan PENGAKUAN & PENGENALAN DIRI,   hasilnya langsung dikeluarkan dalam bentuk file pdf,  dan bisa langsung di-print out. ✅

▪Pertanyaan 5
Bu Sukma

Maaf, Cikgu bagaimana agar anak HS dpt seperti yg cikgu bilang diatas, krn yg sy tahu di sekolah anak2 dpt bersosialisasi dan berinteraksi dgn teman2 juga guru 😊

Jawaban:
Bu Sukma,  HS itu khan jangan memisahkan diri dari masyarakat. Ibu dan keluarga bisa aktif dilingkungan,  misal dengan menghidupkan Remaja Masjid/Musholla,  kelompok belajar,  kelompok hobby,  dan kelompok lainnya. Rumah ibu bisa juga dijadilan basecamp salah satu kegiatan masyarakat/komunitas. Dengan ikut Komunitas spt HSMN ini juga bagian dari membuka interaksi. Jadi salah satu peran ortu adalah membantu anak menemukan kawannya. ✅

▪Pertanyaan 6
Bu Dian

Cikgu kira2 untuk anak umur 5th untuk menggali minat dan bakatnya metode apa ya yg cocoknya, krn blm ketahuan 3 banyak

Jawaban:

Bu Dian,  ortu memang harus kreatif untuk mencarikan kegiatan. Dari mempelajari Al Quran dengan talaqi (mendengar langsung dari ortu/ustadz), kemudian kegiatan yg melatih motorik halus dan kasarnya,  membantu ibu,  ngobrol, bermain peran,  bercerita, menggambar, berkenalan dengam kawan ortunya dsb. ✅

▪Pertanyaan 7
Bu rieke

Cikgu..apakah menilai bakat anak hanya cukup dg konsep si anak suka dan enjoy dg sesuatu, makin diasah makin baik lalu bisa menghasilkan sesuatu dari minatnya tsb?

Jawaban:
Bu Rieke,  4E hanya indikator bu. Semacam deteksi awal agar bisa ibu gunakan untuk menduga bahwa anak passion atau tidak di hal yg sedang ia jalani. Disamping tentu ortu benar mengamati perkembangan anak dengan cermat dengan terus memotivasi dan memfasilitasi.  Lebih akurat jika sudah cukup "3 BANYAK"nya anak diikutkan Asesmen Talents Mapping, insya Allah. ✅

▪Pertanyaan 8
Bu susi

Klo tes yg terkait dg mengarahkan Cara belajar anak itu apa ya? Dan bisa di usia berapa?

Jawaban:
Bu Susi,  salah satunya yg fungsinya mengetahui Learning Style adalah MI bu. Namun kami tidak mendalami dan memakainya. ✅

▪Pertanyaan 9
Bu titin

Cikgu..sy punya putra usia 11 tahun dan pernah ikut test bakat, hasilnya anak saya bakatnya di Tekhno Art..dan putra kami memang senang menggambar, pengen jadi Animator Islam katanya....Saya masih meraba2 ttg Bakat tekhno art nya..Bisakah Cikgu membantu saya ttg arah tekhnoArt itu?
Jazaakallah khoir

Jawaban:
Bu Titin
Prinsipnya kalau anak memenuhi 4E,  jalan terus aja bu.
Bu Nuning dan Bu Titin,  bagusnya Asesmen TM kalau buat anak jika anak sudah intens "3 BANYAK"nya, kalau dipaksakan kepada anak yg minim "3 BANYAK"nya maka hasil Asesmennya cenderung tidak akurat,  alias gak nyambung antara bakat dan minatnya. Karena yg terjadi banyak anak yg sangat berminat suatu hal namun ia tidak pernah excellent apalagi earn lantaran memang ia tidak berbakat, sebaliknya ada anak yg berbakat namun karena satu dan lain hal ia jadi tidak berminat atau tidak diberi kesempatan mencoba,  walhasil anak tsb tidak pernah bisa melakukan atau menunjukkan kemampuan.

Biaya resmi Asesment TM dari kantor Abah Rama adalah Rp 350.000 meliputi Talents Mapping Assesment dan Personal Strenght Statement.
Biaya tersebut biasanya didiskon Rp 100.000 (menjadi Rp 250.000) jika dilaksanakan dalam bentuk pelatihan, mempertimbangkan panitia perlu mempersiapkan hal-hal lain terkait pelatihan tsb.✅

▪Pertanyaan 10
Bu Fina

Berkaitan dg talent mapping u anak usia 5 thn yg ditanyakan oleh bu dian tadi, apakah 1. peran belajar quran dgn metode talaqi dlm talent mapping,
2. Bgmn kombinasi antara memperdengarkan murotal dan talaqi dr ortunya agar anak bs hafal surat2 pendek? Apakah ada bedanya jika hanya dgn cara mendengarkan murotal?

Jawaban:

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Bu Fina,
1. Diusia anak ibu tsb , bagus menghafal Al Quran dengan metode Talaqi,  jadi mendengar langsung dari ortu atau ustadz(ah) yg sudah baik bacaan Al Quran-nya, jadi dapat dua sekaligus yakni Tahsin dan Tahfizh. Karena usia demikian tidak direkomendasikan untuk Calistung,  karena kontroversi akan dimungkinkannya timbul "Mental Hetic" yg membuat seorang anak di saat kelas 3 SD jadi muak dengan bacaan.

Kaitannya dengan Pendidikan Anak secara umum,  bukan sebatas TM.
2. Bagus saja bu dikombinasikan dengan Murottal,  selama anak dapat mengikuti dan ortu atau ustadz(ah)  tempat anak murojaah bisa memperbaikinya. Mumpung anak-anak masih mudah membentuknya,  jika sudah dewasa,  khan kadang kesulitan menyesuaikan diri lagi dengan hukum-hukum bacaan Al Quran yg baik dan benar. ✅

🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷
PENUTUP
Baiklah ibu-ibu, setelah beberapa hari kita diskusi, semoga banyak manfaat kita bisa ambil dalam rangka memperbaiki kualitas pendidikan anak-anak kita semua.
Semoga ini bukan pertemuan terakhir. Jika yg saya sampaikan itu benar maka sesungguhnya kebenaran itu milik Allah swt dan semoga Allah swt menjadikan ini bernilai ibadah, namun jika yg saya sampaikan itu salah maka itu murni kesalahan saya pribadi dan untuk itu saya mohon dibukakan pintu maaf dari ibu-ibu semua serta memohon ampunan dari Allah swt.

Kepada bu Ida selaku founder HSM Nusantara, saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yg diberikan kepada saya, sehingga saya bisa berdiskusi dengan ibu-ibu yg sholehah dan berilmu luas di grup yg berkah ini. Jazaakillah khairan katsiran.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ
أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ
أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Demikian, saya mohon izin untuk keluar dari grup ini.

Terima kasih ibu-ibu semua atas diskusi dan sharingnya. Sampai ketemu dilain kesempatan. Jazaakumullah khairan katsiran.

Wassalamu 'alaikum wr wb.

*Cikgu - Adrian*
HP : 08-212-4664-822
WA : 08787-56-88-993

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🔅🔆🔅🔆hsmn🔆🔅🔆🔅
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
👥facebook.com/hsmuslimnusantara
👥 FB : HSMuslimNusantata Pusat
📷 instagram: @hsmuslimnusantara
🐤 twitter: @hs_muslim_n
🌐 web:hsmuslimnusantara.org

Komentar

Postingan Populer