Tallent mapping bersama cikgu adrian
Resume diskusi hsmnsemarang
Rabu-sabt/9-12Maret 2016
bersama: Cikgu Adrian
🍄🍄🍄🍄🍄🍄🍄🍄🍄🍄🍄🍄🍄🍄🍄🍄🍄🍄🍄
Perkenalkan saya , Adrian , kawan-kawan saya memanggil saya Cikgu.
Pendidikan : Fisika ITB (setahun) , lalu pindah ke Teknik Gas & Petrokimia (T. Kimia) UI
Kegiatan :
1. Konsultan Pendidikan, khususnya Pelatihan Guru dan Strategi Belajar
2. Konsultan HS
3. Trainer Talents Mapping (TM)
4. Pengajar Matematika
5. Koord Pokja Talents Mapping di JSAN
6. Superintensif Camp masuk PTN (acara tahunan)
Nama Istri : Sulistyowati dan berputra 3 yg ketiganya menjalani HS terutama sejak level SMP.
Aluamdulillah, bi idznillah, kedua anak tertua sudah kuliah di FEUI dan FISIP Unsoed. Sedang si bungsu sekarang HS di level kelas 7 SMP
🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷
HS yang kami jalani, sebenarnya sederhana saja, menggabungkan konsep pendidikan sekolahalam yakni :
1. Mengutamakan pembinaan keimanan (akidah/tauhid)
2. Fahmul Quran wa Sunnah
3. Pembinaan akhlak (karakter)
4. Belajar bersama alam
5. Belajar bersama bisnis
6. Bahasa Bunda Bahasa Cinta
7. Literasi
Disamping itu kami juga menerapkan konsep Talents Mapping dalam memfasilitasi talenta anak-anak dengan fokus kepada KEKUATAN (Bakat Surplus), sehingga tidak terlalu pusing dengan KELEMAHAN (Bakat defisit)nya, krn kami menyadari bahwa sebagai manusia yg bersosialisasi, manusia bisa bekerjasama dalam menutupi kelemahannnya dengan manusia lain yg mempunyai bakat surplus dibidang yg ia tidak kuasai.
Seperti kita ketahui bersama, konsep TM yg merupakan 'turunan' dari ilmu Psikologi Positif, yg awalnya dikembangkan oleh Gallup Organization USA, dengan meniliti 2 juta responden, sehingga diperoleh data-data ttg tema bakat yg ribuan banyaknya. Lalu oleh Donald Clifton, dikelompokkan menjadi 34 tema bakat. Di Indonesia Ir.Rama Royani (Abah Rama) alumni ITB angkatan 1964 yg sudah lebih dari 30 tahun menggeluti dunia kerja dan terutama HRD, berinisiatif menterjemahkan teori dan penelitian tersebut dengan membuatkan 'tools' untuk mengetahui TM seseorang, yg bahkan sekarang didunia kerja digunakan untuk job analysis, strenght based human resources management dsb
Sedangkan untuk akademis kami persiapkan ananda utk UN ( dan ujian PTN ) sekitar 6-12 bulan saja.😊✅
🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹Tanya Jawab
Pertanyaan pertama dr Bunda Ratna
❓1⃣Saya ini seorang ibu bekerja, yang ingin sekali menerapkan pelan pelan HS di rumah. Anak tertua saya skrg kelas 5 SD. dan saya ingin belajar memenej waktu dirumah dg optimal bersama anak. Apa yang harus saya persiapkan ya Cikgu?
✔1⃣. Bunda Ratna,
Yang perlu disiapkan antara lain :
a. paling penting anak, ibu dan ayahnya komitmen terhadap keputusan memilih HS,
b. ibu dan/atau ayah (setidaknya salah satu) siap memberikan pendampingan alias tidak bekerja. Karena jika keduanya bekerja maka terbayangkan bahwa anak tidak ada yg menangani, maka yg terjadi anak malah tidak berpendidikan.
c. usahakan ber-amal jama'i (bersinergi dan berkomunitas) sehingga beban berat tidak dipikul sendiri. Selain itu bisa saling share ilmu, skill, keahlian, pengetahuan, info, dan so pasti seperti QS 61 : 4 , "bunyanun marsuus" dan seperti makna hadits Rasulullah saw mengenai silaturrahim membuka pintu rizki, insya Allah. ✅
Sementara, ada sistem Hybrid (semi HS) unt diterapkan dirumah gak?
Dimana saya bisa belajar HS dulu ya agar memantapkan pengetahuan saya ttg HS. Maklum cikgu saya awam HS 😁
✔Bunda Ratna, sudah benar, ikut HSMN ini, sehingga ada komunitas untuk bertukar banyak hal yg saya sebutkan diatas tadi 😊✅
❓2⃣. Bunda Aan,
Belajar Bersama Bisnis, merupakan perangkat belajar untuk level SMP-SMA, dengan asumsi lebih tepat, untuk anak yg telah akil baligh, karena ia harus belajar menjadi manusia dewasa yg utuh, disamping menelusuri apa yg telah dialami Rasulullah saw. Jadi satu sisi jika ia telah akil baligh ada taklif (beban) ibadah, juga ada beban mampu berdiri dikaki sendiri.
Belajar bersama bisnis diantaranya anak bisa belajar :
a. bertransaksi
b. mengenal karakter orang
c. berkomunikasi
d. menyapa
e. membuat laporan
f. membuat administrasi
dsb
Mengenai TM, sinergi bapak, ibu dan anak bisa terjadi dan bisa juga tidak, tergantung apakah bisa saling mengambil kekuatan dengan mengisi kelemahan oleh anggota keluarga yg punya kekuatan dikelemahannya, jika tidak maka dibutuhkan orang lain atau tools untuk membantu menutupi kelemahannya.
Saya harus tahu urutan bakat bapak, ibu dan anak, sehingga bisa memberi saran apa yg harus dilakukan. ✅
❓3⃣ Bunda Dyah
Saya ibu dg 3 anak, umur 8 th, 3 thn dan yg paling kecil 3 bulan, perempuan semua. Yang ingin saya tanyakan, Bagaimana aplikasi/ contoh TM untuk anak dg usia tsb? Terimakasih
Oh ya, saya ibu bekerja juga. Mohon penjelasannya Cikgu...✅
✔3⃣ Bunda Dyah,
Untuk anak-anak sampai usia 15-16 tahun, sebaiknya anak mendapatkan dulu "3 BANYAK" yakni BANYAK interaksi, dengan BANYAK orang, dalam BANYAK kegiatan/aktifitas.
Jadi ortu intinya membantu anak agar bisa melakukan, mencoba, mengetahui, mencicipi.
Bahasa gaulnya anak gak boleh cupu, gak boleh kuper, gak boleh kudet dan gak boleh mager 😁✅
❓Jadi ortu intinya membantu anak agar bisa melakukan, mencoba, mengetahui, mencicipi. --> noted. musti banyak memberi pengalaman ya cikgu? 😉
✔Ya bu✅
Namun, bisa saja sebelum usia 15-16 , anak sdh tampak bakat superiornya ya Cikgu... Putri sy mengikuti TM di USIA 13.. Tetapi memang sejak kecil kami sdh melakukan 3 BANYAK...
Dan Sekarang menjalani HS sambil mengasah bakat nya menjadi sesuatu yg produktif✅
Bu Meydiana benar, sebaliknya jika anak amat sedikit 3 BANYAK nya, beberapa kasus, ada seseorang diusia 29 tahunan, malah gak bisa mengerjakan Assesment TM. ✅* typo 20 tahunan
❓4⃣ Bunda Winda
Tadi kan cikgu bilang kalo persiapan UN hanya 6-12 bulan saja. Berarti hanya pas kelas 3 aja dikasih pelajarannya? Pas kelas 1&2 gmn? Mohon maaf klo saya gagal paham 😁
Mohon penjelasannya Cikgu..✅
✔4⃣ Bunda Winda,
Soal UN itu mudah kok bu, dengan kurikulum yg kurang lebih sama, ya soalnya kayak gitu-gitu aja, jadi kami cukup melatih anak dengan :
a. buku kumpulan soal jawab UN untuk 5 tahun terakhir dari 2-3 penerbit beda kota, misal terbitan Jakarta dan Yogyakarta.
b. soal Tryout resmi Disdik Kota/Kabupaten dan Propinsi
Mengenai pengajarnya, jika bisa sendiri, silakan ajar sendiri, jika ada komunitas bisa urunan cari guru/pengajar dan membiayainya, bisa juga ikut bimbel pilih program persiapan khusus UN, bisa privat dsb.
Alhamdulillah, selama ini anak-anak kami dan kawan-kawan yg pernah kami share pengalaman ini dan kemudian mencoba, bisa lulus dengan baik kok bu. ✅
❓5⃣ Bunda Atika
asalamualaikum, ini dari bunda atika mau bertanya
saya punya suami yg super sibuk dlm bekerja, kdg sering luar kota juga tapi beliau mempunyai penguasaan materi yg baik dalam pembelajaran, sdgkn saya sendiri sbg seorang istri waktu saya itu banyak u tuk bersama anak krn saya seorang ibu rumah tangga, cuman untuk penguasaan materi dalam pembelajaran agak sedikit kurang, apabila kondisinya seperti ini bagaimana cara menerapkan hs?
✔5⃣ Bunda Atika,
wa 'alaikumussalam wr wb.
Kehadiran ibu dengan kasih sayang seorang ibu yg hangat penuh kasih itu mahal loh bu, yg penting ibu tetap menempa, sadar untuk membimbing dan membina, tidak memanjakan atau sebaliknya membiarkan apalagi melakukan kekerasan, selain itu doa dan qiyyamul lail ibu, agar semua amanah dari Allah swt ini dapat dengan mudah dikerjakan karena banyak pertolongan dan kemudahan dari Allah swt disana
..... وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا
(QS 65 : 2)
Lalu apa fungsi ayah?
Insya Allah selama beliau bekerja sungguh-sungguh dengan mencari nafkah yg halal dan selalu menyisihkan hak-hak anak yatim, fuqara wa masakiin, dan gemar berinfaq itu semua jadi jihad beliau yg membuat keluarga ibu makin diberkahi, insya Allah.
Apalagi ditambah beliau sebagai ayah sekaligus musafir tetap mendoakan dan qiyyamul lail. Ingat bu, khan doa seorang musafir mustajab.
Masalah konten pelajaran mah, masalah yg bisa diselesaikan dengan komunitas, saudara-saudara seiman, dan banyak tenaga lain diluar rumah.
Semoga jadi mudah ya bu. Barakallahu lakum. ✅
❓↔ Cikgu... Melanjutkan dr jawaban utk Bunda Atika... Terkait konsep point 6... "Bahasa Bunda Bahasa Cinta".... Bagaimana sih penjabaran konkretnya...❓
Kadang² "bahasa cinta" menjadi terbaca "bahasa galak" oleh anak...😁
↔ Bu Meydiana,
"Bahasa Bunda Bahasa Cinta" adalah bahasa kasih sayang dan bahasa positif dalam menempa anak yg tepat. Perlu pelatihan tersendiri, agak susah kalau dalam ruang terbatas seperti WA ini.
Disekolah Alam (yg bukan sekadar namanya saja Sekolah Alam atau cuma belajar di sekolahan hijau), konsep ini adalah bagian yg TIDAK BOLEH TIDAK & WAJIB dilatih ke guru-guru, dan guru-guru yg direkrut sudah punya passion yg mendukung Bahasa Bunda tsb. Kalau galak, bukan bahasa cinta bu. 😁✅
❓6⃣ Bunda Novita
Dr selayang pandang yg disampaikan Cik Gu,cik gu sbg pengajar matematika. Anak sy kelas 4 SD smpe skrg masih susah belajar matematika. Sy jg bingung bgmn cara mengajari agar anak paham. Yang mau sy tanyakan teknik praktis belajar matematika yg mudah anak paham itu yg bgmn? Dan ada buku panduannya ndak ya? Krn anak sy skrg jadi ogah sama matematika malah dianggap sbg momok. Mohon pencerahannya Cik Gu. Jazakallah khoir
✔Bahasa Bunda adalah istilah yg dibuat oleh bu Septriana Murdiani (guru generasi awal Sekolah Alam), yg merupakan Core Values bagi Pendidikan Akhlak / Karakter.
Sumber konsep berasal dari Kajian (tafahum dan tadabbur) terhadap Al Quran dan Sunnah Nabi Muhammad saw serta penelitian ilmiah terhadap psikologi perkembangan anak.
Ada 5 Bahasa Cinta
1. Bahasa Cinta Verbal
2. Bahasa Cinta Sentuhan
3. Bahasa Cinta, Waktu Berkualitas/Kehadiran
4. Bahasa Cinta Hadiah
5. Bahasa Cinta Pelayanan
Lalu ada tentang Kecerdasan Emosi didalamnya.
Banyak deh bu.
Biasanya butuh setidaknya 2 hari Pelatihan membedah Konsep Bahasa Bunda, bahkan jika dengan Workshop bisa 3 hari. 😅✅
✔6⃣ Bunda Novita,
Kadang anak yg di usia dibawah SD, sudah dipaksa belajar Calistung. Itu salah satu hal yg membuat anak benci terhadap Calistung. Buatnya Calistung adalah hal yg membuat dirinya tidak nyaman. Belum lagi metoda yg dipakai, anak dipaksa cepat me, baca, BUKANnya gemar membaca. Anak dipaksa cepat bisa berhitung, BUKANnya gemar berhitung, yg terjadi mereka jadi tidak suka dengan Bacaan dan Hitungan.
Selain itu, bisa juga ia tidak passion di Matematika, mungkin ia lebih passion ke Art 'n Design, atau passion ke kuliner, khan gak buruk juga.
Untuk Al Quran, ahsannya (baiknya) anak-anak itu ditalaqy oleh ortu atau ustadz/ah yg diminta mentalaqy namun tetap dalam koridor pendidikan dengan cinta dan kasih sayang. Karena Al Quran dibuat (dimulai) Ar Rahman dan Ar RahiimNya Allah swt. Dan diusia anak-anak pengajaran Al Quran sebenarnya bukan membaca, namun mendengar langsung (tasmi') dari ortu atau ustadz/ahnya, dan lebih penting Fahmul Quran ketimbang mengejar target hafal sekian juz-nya, kecuali anak-anak tertentu yg punya kemampuan lebih dalam menghafal Al Quran.
Wallahu a'lam.✅
❓7⃣ Bunda Faiza
Saya faiz InsyaAllah kami menjalankan Hs untuk anak kedua saya (6th) Selama ini anak saya sama sekali belum bersentuhan dengan sekolah. HS yg kami jalankan saat ini baru sekedar mengalir saja. Kami belum memperhatikan maslah kurikulum dan kami memang tidak ingin memindahkan "sekolah" ke rumah kami. Selama ini kami masih bebaskan anak utk belajar apa saja. Terutama adab kami tekankan dalam pembelajaran. Apakah cara kami ini sudah sesuai utk anak 6 th?
Dari 7 poin HS yang diberikan cikgu tadi..manakah yg bisa kami lakukan untuk anak 6 th?
Kemudian... Banyak yang membenturkan bakat dengan syariat. Misal anak punya music smart..tapi ortu melarang karena dianggap tidak sesuai syariat..apakah bakatnya itu harus dikubur?
Mohon penjelasannya Cikgu..🙏🏼🙏🏼
❓7⃣ Bunda Faiza,
Kecuali Belajar Bersama Bisnis, semuanya perlu bu, plus Outdoor Activity dan Olahraga tentunya, agar sehat jasmani juga.
Khan tarbiyah (pendidikan) harus mencakup tarbiyah ruhiyah, fikriyah dan jasadiah.
Bermain musik, memasak, menari, menggambar, berpidato dsb itu bentuk aktifitas, yg saya maksud dengan bakat sebenarnya adalah : Personality Yang Positif dan Produktif (Memberi Manfaat), dan biasanya ini dalam banyak hal muncul berulang-ulang.
Menurut penelitian Personality itu ada sekitar 18.000-an, lalu 5000-an diantaranya adalah Personality Yang Produktif tadi, lalu oleh para ahli Psikologi Positive, seperti Donal Clifton, dari Gallup Organization coba dikelompokkan jadi 34 Cluster (34 Tema Bakat). Dari 34 tema bakat inilah, Abah Rama (Ir. Rama Royani, ITB 1964) yg 30-an tahun malang melintang di dunia pendidikan dan SDM membuat 'tools' , yg kita kenal sekarang sebagai "Assesment Talents Mapping".
Bahkan dari 34 Tema Bakat ini, untuk membantu munculnya bakat pada anak baik yg Nature maupun Nurture, di-breakdown oleh Abah Rama, 114 activity, yg oleh guru/ortu bisa dijadikan acuan porto folio anak.
Bakat itu perangkat yg Allah swt berikan kepada manusia sebagai fitur dirinya (syakilah) agar bisa menjadi manusia yg bermanfaat bagi manusia lainnya.
***
قُلْ كُلٌّ يَعْمَلُ عَلَىٰ شَاكِلَتِهِ فَرَبُّكُمْ أَعْلَمُ بِمَنْ هُوَ أَهْدَىٰ سَبِيلًا
Katakanlah: "Tiap-tiap orang berbuat menurut keadaannya (SYAKILAH) masing-masing". Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya. (QS.17:84)
***
وَخَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ
Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya. (HR. Ath Thabarani, Al Mu’jam Al Awsath No. 5787. Al Qudha’i, Musnad Syihab No. 129. Dihasankan Syaikh Al Albani. Lihat Shahihul Jami’ No. 6662)
***
✔ Jadi, gak ada bu, bakat yg bertentangan dengan syariat. Karena itu dari Allah swt sebagai kelengkapan kita menjadi manusia yg totalitas beribadah (mengabdi) padaNya, dan menjadi manusia yg bermanfaat buat manusia lain. Yang ada kita gagal memahami maqoshid syar'iyah.
Wallahu a'lam. ✅
↔Afwan Cikgu... Mungkin yang dimaksud Bunda Faiza... Ttg bakat yg bertentangan dng Syariat.. Misalnya pada anak yang berbakat menari... Sementara penari tradisional biasanya berpakaian yg tidak sesuai syariat...(🙏🏼🙏🏼🙏🏼 bagi semuanya...)
✔Apakah menari atau belajar Matematika atau ngapain aja, kalau memperlihatkan aurat kepada yg bukan hak, ya haram atuh bu 😊✅
✔Bu Dian Novita,
Prinsipnya yg tegas khan diharamkan adalah memperlihatkan dan melihat aurat yg bukan hak-nya, jadi memang harus diatur sedemikian rupa mengenai ini.
Pembahasan lain, bagaimana jika masih kanak-kanak dan bagaimana setelah akil baligh, dan siapa pula yg menjadi penontonnya.
Lalu bagaimana dengan menari yg sudah tertutup auratnya, sebagian muslim berpendapat jika tertutup auratnya seperti tari saman, itu masih bisa diterima, namun buat sebagian muslim yg cukup ketat itu tetap tidak boleh, nah, disitu wilayah fiqh yg memang ada pilihan, buat saya pribadi dan keluarga, adalah memilih tasamuh (toleransi) terhadap pilihan-pilihan tersebut.
Namun kalau aurat terbuka dan menperlihatkan gerakan meliak-liuk apalagi erotis, itu jelas tidak bisa ditoleransi.
Sedangkan berenang, sebagaimana memanah dan berkuda, adalah olahraga yg sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw, namun tetap dalam pelaksanaanya tidak juga boleh melanggar batas-batas aurat tadi.
Wallahu a'lam. ✅
↔ alhamdulillah... baik cikgu terimakasih atas penjelasannya... intinya bagaiman kita sebagai orang tua dalam memberikan pengertian, ilmu, agama, dan juga pendampingan dalam pengasahan bakat supaya tidak menjadi ke negatif... terimakasih cikgu
✔Bu Novita Rahmawati,
Pertama, pengajaran termasuk Matematika itu, sebaiknya membangun logika dan memotivasi anak menjadi seorang yg punya tradisi belajar yg baik, punya semangat untuk belajar, karena itu salah satu akhlak/karakter yg harus terbentuk.
Kedua, media massa (cetak dan elektronik) saja yg bikin UN menyeramkan, padahal UN itu biasa-biasa saja. Anak ketiga saya setahun lalu saat kelas V SD, ingin mengejar kakaknya yg melompat kelas di SMP, lalu ia bilang,"abi, aku mau UN SD donk". Setelah saya dan umminya ngajak ngobrol beberapa hari sambil memastikan benar bahwa ia serius mau UN, maka kami buatkan ia rutin belajar yg di UN khan, yakni Matematika, IPA (Sains) dan Bahasa Indonesia, sepekan 3 x, disemester 10 ia mengundurkan diri dari sekolahnya, lalu ia belajar bersama kami Senin s.d, Jumat 1-2 pelajaran setiap harinya, dengan Sabtu dan Ahad regreshing. baru 1 bulan menjelang UN agak padat kami buat, sehari bisa 2-3 pelajaran, dengan try out. Alhamdulillah, lulus dengan nilai bagus bu.
Kawan saya ngadu ke saya, anaknya diancam gak naik ke kelas VI oleh gurunya, lalu saya sarankan ikut UN SD saja. Kemampuan anaknya di pelajaran pas-pasan bu, karena waktu kecil pernah sakit cukup keras, namun bi-idznillah, ia bisa lulus UN dengan nilai sedang, alhamdulillah.
Lebih jauh bu, UN khan bukan ukuran keberhasilan pendidikan.
Jadi manusia yg sholeh/ah ya khan? 😊 ✅
Jadi.dari penjelasan cikgu tadi..tidak ada bakat yg berbenturan dg syariat ya?
Jadi soal music menari menggambar dsb..harus dilihat dari fiqh ya cikgu?
Semoga Allah memudahkan pemahaman saya
Jazakallah cikgu
Hadits Arbain Ke 6 Halal dan Haram Telah Jelas
DALIL YANG HALAL DAN YANG HALAM TELAH JELAS
عن أبي عبدالله النعمان بن بشير رضي الله عنهما قال : سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول " إن الحلال بين و الحرام بين , وبينهما مشتبهات قد لا يعلمهن كثير من الناس , فمن اتقى الشبهات فقد استبرأ لدينه وعرضه , ومن وقع في الشبهات فقد وقع في الحرام , كالراعي يرعى حول الحمى يوشك أن يرتع فيه , ألا وأن لكل ملك حمى , ألا وإن حمى الله محارمه , إلا وإن في الجسد مضغة إذا صلحت صلح الجسد كله , وإذا فسدت فسد الجسد كله , ألا وهي القلب
Terjemahan:
Dari Abu 'Abdillah An-Nu'man bin Basyir radhiallahu 'anhuma berkata,"Aku mendengar Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya yang Halal itu jelas dan yang haram itu jelas, dan diantara keduanya ada perkara yang samar-samar, kebanyakan manusia tidak mengetahuinya, maka barangsiapa menjaga dirinya dari yang samar-samar itu, berarti ia telah menyelamatkan agama dan kehormatannya, dan barangsiapa terjerumus dalam wilayah samar-samar maka ia telah terjerumus kedalam wilayah yang haram, seperti penggembala yang menggembala di sekitar daerah terlarang maka hampir-hampir dia terjerumus kedalamnya. Ingatlah setiap raja memiliki larangan dan ingatlah bahwa larangan Alloh apa-apa yang diharamkan-Nya. Ingatlah bahwa dalam jasad ada sekerat daging jika ia baik maka baiklah seluruh jasadnya dan jika ia rusak maka rusaklah seluruh jasadnya. Ketahuilah bahwa segumpal daging itu adalah hati”.
[Bukhari no. 52, Muslim no. 1599]
✅
❓8⃣ Bunda Ratna Fitri
Bagaimana mengetahui dengan mantap bakat anak kita dan bagaimana cara efektif mengembangkan bakat nya? Berapa jam sehari atau seminggu harus disisihkan unt mengembangkan hobi (bakat) anak? Mohon penjelasanya Cikgu...✅
✔8⃣ Bunda Ratna Fitri,
Bedakan Hobi dengan Talents, karena hobi belum bermanfaat sedangkan Talents hobi yg bermanfaat/produktif. Hobi baru ada 3 unsur yaitu Easy, Enjoy & Excellent. Sedangkan Hobi plus Earn jadi 4E itulah yg disebut Talents.
Bakat manusia secara sebenarnya sudah ada dalam dirinya, karena itu fitur (syakilah) yg Allah swt berikan pada setiap manusia, sebagai perangkat untuk menjadi manusia yg bermanfaat bagi manusia dan semesta ini. Jadi 'pekerjaan rumah' kita adalah bagaimana menemukan atau memunculkan bakat sehingga menjadi berguna.
Di diskusi kemarin sudah saya singgung, bahwa ortu jangan keburu-buru untuk mengetahui bakat anak, berilah anak 3 BANYAK sehingga secara alami nanti akan match antara bakat dan minat, karena bakat itu tetap, sedangkan minat itu berubah-ubah sesuai kondisi yg melatar belakangi atau mempengaruhinya. Nah, tugas kita para ortu membantu anak mempertemukan bakat dengan minatnya yg match.
Mengenai pengasahan bakat proporsional saja terhadap kegiatan lain, ada fahmul Quran, belajar Sunnah Rasulullah saw, sirah Nabawiyah, olahraga, pembinaan akhlak/karakater, sholat dhuha, doa/dzikir, bermain, bercengkerama (liqo keluarga dengan ayah dan ibu) , berinteraksi dengan teman dan orang lain, outing dan waktu istirahat dsb ✅
❓9⃣ Bunda Farida
Assalamualaikum...saya bunda Farida....mau bertanya ttg konsep fahmul quran wa sunnah...untuk anak2 usia 5 dan 10 th..bagaimana penerapannya dlm kehidupan sehari2...
Monggo Cikgu...✅
✔9⃣ Bunda Farida,
Tematis saja bu, bisa dengan buku-buku juz ama' dengan gambar-gambar, buku seperti Muhammad Teladanku, dan sarana audio visual lainnya bu. Cerita-cerita dan dongeng atau bermain peran dari ibu dan anak juga bisa mengantarkan pemahaman bukan hanya tentang Al Quran dan Sunnah, namun banyak hal kepada anak-anak ✅
❓1⃣0⃣ Bunda Amalia :
Bagaimana menumbuhkan motivasi belajar pada anak? Anak saya 6,5 tahun maunya maiiinnn saja..
Belum ada minat belajar sama sekali. Mohon penjelasannya Cikgu...✅
✔1⃣0⃣ bu Amalia,
Anak ibu sekolah dimana? Full day school kah atau SD Negeri atau HS?
Bu Amalia, TK s.d, 3 SD sebaiknya masih diselingi dengan bermain, dan dibuat happy bu. Apalagi jika ia sudah full di sekolahan, pasti melelahkan, perlu waktu ia bersosialisasi dengan temannya dan anggota keluarga lainnya.
Pelajaran terstruktur, maksudnya apa bu?
↔❓Maksudnya mulai belajar membaca dan mengaji cikgu.. keder juga lihat anak saya paling lambat kemampuan membacanya dibanding teman2nya yg mulai lebih awal.. 😅
Sebelumnya saya tunggu sampai usianya di atas 6 untuk mulai belajar membaca.
↔✔
Nah itu dia bu, dulu kita SD kelas 1 usia 7 tahun juga baru belajar INI BUDI, INI IBU BUDI dst 😁
Yg terjadi, anak dipaksa untuk bisa cepat membaca bukan cinta bacaan, sehingga marak deh tuh Calistung, yg dampaknya diusia 3 SD mulai membenci bacaan dan hitunganPerlukah Mengajarkan Calistung di Usia Dini? - Kompas.com
Perlukah.Mengajarkan.Calistung.di.Usia.Dini ✅
↔❓ Nah ini dia cikgu yang saya takutkan.. jadi saya menunda mengajarkan membaca.. tapi memperbanyak dengan bacaan yang saya bacakan. Jadi saya harus bagaimana ini cikgu?
Semacam dilema antara teori dan tuntutan sekolah sekarang?
✔khan anak ibu, jangan mau anak ibu dirusak, jadi tidak harus disekolah seperti itu khan? Masih banyak kok sekolah yg tidak seperti itu. Jazaanallaah waiyyakum. ✅
↔Kekhawatiran Bunda Amalia ...mgkn juga dirasakan oleh bunda² lain... Ingin anak tumbuh sesuai kemampuan usianya namun tuntutan lembaga pendidikan bertentangan dng kita.
Bbrp teman, biasanya lgs melakukan pendekatan kpd guru walinya...meminta utk tidak usah memaksa anak mengikuti pelajaran calistung yg dijadwalkan di TK /Paud.. Dan dng tegas ortu menyatakan bahwa..tidak menuntut anaknya untuk bisa Calistung...
Yang penting di sekolah TK/Paud anak happy bermain dng teman..
❓1⃣1⃣ Bunda Winda Puspita
Bisa minta tolong dijelaskan ttg Talent Mapping cikgu? Maaf saya pendatang baru di grup ini jadi masih meraba2 😁
❓1⃣2⃣ Bunda Nurul
Bagaimana menggali bakat anak di bawah 2 tahun? Apa cukup dg 3banyak, ato perlu stimulasi lain?
✔Masih bunda Amalia (dan ibu-ibu yg ragu) , di Sekolah Alam tidak mensyaratkan anak bisa baca bu, malah banyak yg masuk semester 1 dengan tidak bisa baca, di semester 2 dengan metoda Bengkel Baca Bengkel Tulis, anak jadi mulai senang membaca, dan apa hasilnya bu, anak jadi sangat senang membaca. Saking senangnya membaca, anak itu belum seminggu beli buku minta dibeliin lagi, habis buku dilahap, anak tersebut jadi cinta terhadap bacaan, bahkan dengan metoda Literasu tersebut anak bisa membuat karya, berupa tulisan, bisa cerita, laporan, komik dsb ✅
✔1⃣1⃣ Bunda Winda,
TM sudah panjang lebar dijelaskan diatas bu, scrool up ya bu, afwan 🙏✅
✔1⃣2⃣ Bunda Nurul,
3 Banyak, sambil tentunya memperhatikan perkembangan motorik halus dan kasarnya ya bu. ✅
❓1⃣3⃣ Bunda Febri
anak sy usia 6th
disekolah sdh hafal bacaan sholat,surat pendek jg sdh hafal sampai Al'adiyat tp kl sholat wajib dirumah dia seperti kebut2an ga dibaca bacaan sholatnya kl ditanya jawabnya ga tau bacaannya pdhl sy tau persis kl dia hafal apa yg harus sy lakukan?
dia sangat suka menggambar dan mewarnai yp hasil mewarnainya tidak rapi dan gambarnya jg kurang tetapi kl dikasih tau dia selalu menjawab gapapa dong terserah aku
apa yg harus sy lakukan?
1⃣3⃣ Bunda Febri,
tanya ya, anak ibu sholat sendiri atau berjamaah kalau ngebut?
↔❓blm mau diajak sholat berjama'ah katanya lama,kalaupun akhirnya mau sholat berjamaah dipertengahan sholat dia akan mendahului imam jd selesai duluan
✔Bunda Febri,
Tetap dilatih sholat berjamaah tentu bersama ortunya, alias didampingi. Jadi anak melihat contoh. Dan sifatnya memotivasi bukan mengancam. Yg jelas dampingi dan berikan teladan terus kepada anak. Wajar ia 'bertransaksi', namun ortu tidak boleh kalah, tetap dengan kasih sayang, berikan toleransi jika ayat imam yg dibaca panjang, maka izinkan ia sholat sambil duduk✅
↔❓anak sy agak ngeyel kl dikasih tau,,bagaimana cara mengajak sholat berjamaah yg tepat,suami plg kerja malam jd tdk bs mendampingi
apa harus sholat di mushola ya cikgu,sy memang jarang sholat dimushola krn anak sy yg kedua msh balita kl ada orang sholat msh suka naik ke punggung ?
↔✔Sholat berjamaah dirumah bu.
Kalau perlu 'orang'kan ia dengan menjadi imam, toh ibu bisa sholat sendiri lagi jika khawatir sholatnya tidak afdol
jika ia menolak karena alasan capek, buat konsekuensi, "kakak khan capek, jadi berarti tidak boleh main, harus tidur dirumah, khan gak mau sholat berjamaah karena capek.
Ingat, ibu harus sabar, tidak boleh marah, tetap senyum, tapi tegas, jangan mau di-drive si kakak.
Itulah seninya bu😊 Ayahnya saat libur atau saat dirumah, WAJIB mendampinginya ke masjid ya
✅
↔❓utk pertanyaan sy yg kedua bagaimana ya cikgu?tentang hobi anak sy menggambar dan mewarnai tetapi tidak mau di arahlan?
↔✔Bagus itu bu, kalau ia suka yg abstrak khan gak salah juga. Biarkan ia mengekspresikan dirinya pada coretan yg ia inginkan. Misalnya warna daun ingin warna biru, lalu nanti warna yg lain. Yang terpenting ibu bangun komunikasi dengan pertama apresiasi lalu minta ia jelaskan kenapa demikian. Ibu bisa juga menggambar dan mewarnai, biar ia juga melihat hasil buatan ibu, silakan ia juga menilainya dan juga mendengar cerita ibu tentang gambar ibu, jadi indah khan bu belajarnya ✅
❓1⃣4⃣ Bunda Yayuk
Menyambung pertanyaan bunda Febri...
"Ingat, ibu harus sabar, tidak boleh marah, tetap senyum, tapi tegas, jangan mau di-drive si kakak".
TEGAS, Biasanya anak akan berusaha utk berpendapat sesuai nalar nya...ya mgkin bs dikatakan ngeyel td ya. Sehingga byk para bunda yg emosi nya naik....
"Bagaimana menetralisir emosi ketika anak ngeyel"...
dengan haeapan tetap bisa tegas dengan senyuman, Silahkan cikgu?
✔1⃣4⃣ Bunda Yayuk,
Ya harus melatih diri bu, dengan menghela nafas, atau yg dikatakan dalam banyak hadits, duduk, atau berbaring dulu, atau ambil wudhu.
Yang pasti ibu harus ingat bahwa anak ibu sedang ajak ibu 'play the game' , jadi di kepala kita sudah ada mindset kurang lebih begini ,"hmmm, cerdik anak ini, mau menaklukkan aku dia"
Nah, itu ujiannya, seberapa sabar dan seberapa banyak ibu cari cara yg berbeda untuk menjelaskannya. Namun ibu tetap harus tegas. Ingat, mendidik akhlak/karakter itu harus dengan tempaan, sedangkan talenta dengan fasilitasi, jangan dibalik.
Yang kedua, kadang sifat anak itu 'membuka aib' ortunya, yakni bisa jadi dulu apakah ibu atau ayahnya sewaktu kecil, ya seperti itu. Jadi terbayang khan betapa 'seru'nya ortu kita dulu.
Yang pasti juga bu, dalam usaha kita mendidik anak, ortu harus sadar tidak boleh mengalir, lalu jangan lupa doakan ia selalu khususnya saat qiyyamul lail. Insya Allah banyak kemudahan ✅
↔❓Insya allah sudah di coba...tp ya gitu kdg masih lost control krn saya sendirian dgn 3 anak,sedang suami kerja luar kota..
↔✔ Kita bukan malaikat, kalau salah, mintalah maaf ke anak, melatih fairness
❓1⃣5⃣ Bunda Rina
Saya rina, anak saya usia 10th dan 8th, pertanyaan saya :
1. Saya masih awam ttg istilah 3 banyak, jika cikgu berkenan, mohon penjelasannya
2. Mengenai TM, di penjelasan awal, ada tools untuk mengetahuinya, apa bentuk tools tsb, apakah bisa digunakan oleh semua org? Jika iya, dimana kita bisa mendapatkannya? Krn jujur saja, saya pingin sekali mengetahui talenta anak2, sehingga bisa mulai mengerucutkan kegiatan2 mana yg harus mulai difokuskan? silakan cikgu✅
1⃣5⃣ Bunda Rina,
1. Ibu scrool up ya
2. Tools itu adalah 2 form tes, yaitu Talents Mapping Assesment yg terdiri atas 170 pertanyaan yg harus diselesaikan tidak boleh lebih dari 30 menit dan Personal Strenght Statement terdiri atas 114 pertanyaan yg harus diselesaikan juga tidak boleh lebih dari 30 menit. Nanti hasilnya berupa :
a. Urutan Bakat
b. Peta Bakat
c. Strength Cluster Map
d. Potensi Yang Perlu Dilatih
e. Personal Branding
Tes ini sebaiknya setelah anak-anak melakukan 3 BANYAK, dan untuk anak-anak yg sekolah formal dan masih berinteraksi di sekolah dan masih bermain dirumah, maka biasa diusia 16 tahun sudah akurat dilakukan tes TM, bahkan yg 3 BANYAKnya intens bisa saja diusia lebih muda dilakukan padanya, dan akurat. ✅
❓Tes tersebut bisa dilakukan oleh semua orang atau harus melalui lembaga khusus ya cikgu?
✔Bunda Rina, tes TM hanya bisa diolah di Leadpro, namun formnya ada di saya
↔❓Sedikit lagi cikgu, bagaimana caranya utk mengikuti tes TM?
↔✔ BundaRina.. dari jawaban cikgu, utk mengikuti tes bisa hub cikgu ya..
Tahun lalu HSMN Semarang sdh pernah mengadakan tes TM dengan cikgu dan abah rama😊
❓1⃣6⃣ Bunda Ita
Anak saya laki-laki 7 tahun. Anaknya sampai sekarang pendiam dan pemalu. Mau main sama tmn kl dipanggil. Kl ga ada tmn yg manggil dia krg mau utk keluar rmh ( kl lg mood mau) . Sy sdh menawarkan bbrp playdate di komunitas ini spt memanah, pramuka atau panjat tebing.
Di luar sy ajak berenang.,berkuda, dll tp ga mau. Dia py hobi main lego cikgu.. Utak utik sendiri meski kdg msh suka putus asa kl gagal merakit sesuatu. Dia kumpulkan angpao pemberian siapapun tuk beli lego.
Akhirnya satu2 nya kegiatan yg dia mau ikut adalah les robotik di luar sekolah. Mnrt cikgu apakah hobi nya dia ini perlu di asah lebih lanjut atau bgm cikgu? Jazakillah khoiron katsiro
✔1⃣6⃣ Bunda Ita,
Salah satu tema bakat ada yg disebut WOO (Winning Over Others) artinya Penyapa. Nah, jika WOO pada 7 urutan pertama, seseorang gak usah disuruh dan gak usah dibantu akan mudah mencari teman atau menyapa orang, sebaliknya orang yg WOOnya rendah, maka ia butuh didampingi, atau butuh katalisator untuk bisa dekat dengan seseorang, apakah katalusatornya itu ortunya, teman dekatnya, lingkungan, hal yg ia sukai dsb
Ada lagi bakat ACTIVATOR. Jika activator rendah, maka seseorang cenderung didorong-dorong untuk bisa melakukan sesuatu, sebaliknya jika activatornya di 7 terkuat, orang seperti ini gak usah disuruh, malah sering gak sabar ingin langsung melakukan.
Untuk Lego dan Robotik, kadang harus dicermati bu, kadang itu hanya musiman atau trend , bukan memang ia suka konstruksi. Maka sebenarnya perlu dilihat dulu 4E yg sudah saya sebutkan diatas (scrool up ya 😁)✅
↔✔Tambahan, soal Lego, bu Ida Nuraini, punya pengalaman bagus terkait anak beliau yg dulu suka bahkan juara Lego level internasional ✅
↔❓ Jd anak sy tergolong WOO dimana mgkn ortu mjd katalisator nya? Apa bgtu maksudnya cikgu?
↔✔ Justru WOOnya tidak tinggi bu, khan butuh katalisator
↔✔Terimakasih sdh diingatkan ttg robotik. Krn selama ini sy berfikir "apa bbrp thn mendatang mmg robotik akan booming spt IT saat ini yg 10 th yg lalu IT blm bgtu tren
❓ 1⃣7⃣ bunda Dita
Bagaimana menerapkan disiplin untuk anak2 yg berbeda usia (8, 2th dan 1th thn) misal masalah merebut mainan terkadang yg 8th kita ajari utk mengalah, tp ketika si adek yg 2 thn kita juga ngajari tp dg lbh halus, si kakak 8th protes kok mama tdk tegas 😓? Terima kasih
❓1⃣8⃣ Bunda Ayu
Anak sy 4,5th HS..Menulis,menggambar, dan bermain lbh aktif menggunakan tangan kiri, Bagaimana sebaiknya saya menyikapi anak saya yg lbh aktif tangan kirinya ini? Serta bagaimana pandangan Islam trhdp kidal?Apakah memang ada istilah otak kanan-kiri? (jika kidal,otak kanan lebih aktif/sebaliknya)
Sy tetep selalu berusaha keras setiap makan selalu mengingatkan utk memegang sendok dengan tangan kanan. Untuk makan, bersalaman, memberi, menerima, sy mengharuskan anak sy menggunakan tangan kanan tanpa memaksa tapi tegas (berusaha seperti itu)😁.
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🔅🔆🔅🔆hsmn🔆🔅🔆🔅
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
👥 facebook.com/hsmuslimnusantara
👥 FB : HSMuslimNusantaraPusat
📷 instagram : @hsmuslimnusantara
🐤 twitter : @hs_muslim_n
🌐 web : hsmuslimnusantara.org
Komentar
Posting Komentar